Cara Kerja Mesin Diesel 2 Tak
Cara Kerja Mesin Diesel 2 Tak - Mesin diesel 2 tak adalah jenis mesin pembakaran internal yang unik dan efisien yang banyak digunakan pada berbagai aplikasi, mulai dari generator portabel hingga mesin perahu.
Berbeda dengan mesin diesel 4 tak yang lebih umum, mesin 2 tak menyelesaikan siklus pembakaran hanya dalam satu putaran poros engkol, memberikan beberapa keunggulan dan kelemahan.
Prinsip Dasar Mesin Diesel 2 Tak
Mesin diesel 2 tak beroperasi berdasarkan prinsip berikut:
- Langkah 1: Hisap dan Kompresi - Saat piston bergerak ke bawah, campuran udara dan bahan bakar ditarik ke dalam bak engkol. Saat piston bergerak ke atas, campuran tersebut dikompresi di dalam ruang bakar.
- Langkah 2: Pembakaran dan Ekspansi - Pada puncak kompresi, bahan bakar disemprotkan ke dalam ruang bakar yang panas, menyebabkan pembakaran dan ekspansi gas. Ekspansi ini mendorong piston ke bawah, menghasilkan tenaga.
- Langkah 3: Buang dan Pengisian - Saat piston bergerak ke bawah, gas buang dibuang melalui port buang. Pada saat yang sama, campuran udara-bahan bakar baru masuk ke bak engkol melalui port masuk. Saat piston bergerak ke atas, campuran ini didorong ke ruang bakar, menyelesaikan siklus.
Sistem Pembuangan Scavenging
Salah satu fitur unik dari mesin diesel 2 tak adalah sistem pembuangan scavenging. Tidak adanya katup buang berarti gas buang harus dikeluarkan dari silinder dengan cara lain.
Sistem scavenging menggunakan lubang di piston dan port di dinding silinder untuk memungkinkan udara segar masuk dan mendorong gas buang keluar saat piston bergerak.
Lubrikasi
Mesin diesel 2 tak tidak memiliki sistem pelumasan terpisah. Sebagai gantinya, oli dicampur dengan bahan bakar dan disemprotkan ke dalam silinder bersama dengan campuran udara-bahan bakar. Ini memberikan pelumasan yang diperlukan untuk permukaan silinder, piston, dan bantalan.
Keunggulan dan Kelemahan
Dibandingkan dengan mesin diesel 4 tak, mesin 2 tak menawarkan beberapa keunggulan, termasuk:
- Lebih ringan dan sederhana
- Lebih kompak dan memiliki rasio daya terhadap berat yang lebih tinggi
- Berjalan lebih cepat dan menghasilkan lebih banyak tenaga
- Desain yang lebih murah dan mudah dirawat
Namun, mesin 2 tak juga memiliki beberapa kelemahan, seperti:
- Konsumsi bahan bakar lebih tinggi
- Emisi yang lebih tinggi
- Masa pakai yang lebih pendek
Secara keseluruhan, mesin diesel 2 tak adalah pilihan yang cocok untuk aplikasi di mana bobot ringan, ukuran kompak, dan tenaga tinggi menjadi prioritas. Sistem scavenging yang unik dan kurangnya katup memungkinkannya beroperasi dengan kecepatan tinggi dan menghasilkan tenaga yang tinggi dalam paket yang ringkas.
Namun, konsumsi bahan bakar yang lebih tinggi dan emisi yang lebih tinggi harus dipertimbangkan sebelum membuat keputusan.
Cara Kerja Mesin Diesel 2 Tak
Mesin diesel 2 tak adalah jenis mesin pembakaran internal yang beroperasi berdasarkan satu putaran poros engkol untuk menyelesaikan siklus pembakaran. Berbeda dengan mesin diesel 4 tak, mesin 2 tak tidak memerlukan katup dan mekanisme waktu yang rumit.
Cara Kerja
- Langkah 1: Hisap dan Kompresi
- Piston bergerak ke bawah, menciptakan tekanan negatif di bak engkol.
- Campuran udara dan bahan bakar disalurkan ke bak engkol melalui port masuk.
- Saat piston bergerak ke atas, campuran udara-bahan bakar dikompresi di dalam ruang bakar.
- Langkah 2: Pembakaran dan Ekspansi
- Pada titik puncak kompresi, udara di dalam ruang bakar sangat panas.
- Injektor bahan bakar menyemprotkan bahan bakar ke dalam ruang bakar yang panas.
- Bahan bakar terbakar secara spontan, menciptakan ledakan yang mendorong piston ke bawah.
- Ekspansi gas pembakaran menyebabkan piston bergerak ke bawah.
- Langkah 3: Buang dan Pengisian
- Saat piston turun, port buang terbuka di dekat bagian bawah ruang bakar.
- Gas buang didorong keluar dari silinder melalui port buang.
- Port masuk terbuka tepat sebelum piston mencapai bagian bawah, memungkinkan campuran udara-bahan bakar baru masuk ke bak engkol.
- Piston bergerak ke atas, menutup port buang dan mendorong campuran udara-bahan bakar ke ruang bakar.
Fakta Keuntungan
- Lebih ringan dan sederhana daripada mesin 4 tak
- Lebih kompak dan memiliki rasio daya terhadap berat yang lebih tinggi
- Berjalan lebih cepat dan menghasilkan lebih banyak tenaga
- Desain yang lebih murah dan mudah dirawat
Fakta Kekurangan
- Konsumsi bahan bakar lebih tinggi
- Emisi yang lebih tinggi
- Masa pakai yang lebih pendek
Sistem Pembuangan Scavenging
Mesin diesel 2 tak tidak memiliki katup buang, sehingga gas buang harus dikeluarkan dari silinder dengan cara lain. Ini dilakukan melalui sistem pembuangan scavenging.
- Lubang Pembuangan di Piston: Piston memiliki lubang atau celah di dekat bagian bawahnya, yang disebut lubang pembuangan. Lubang-lubang ini memungkinkan gas buang keluar dari silinder saat piston bergerak ke atas.
- Port Scavenging: Port scavenging adalah port di dinding silinder yang terletak tepat di atas lubang pembuangan. Saat piston bergerak ke atas, port scavenging terbuka, memungkinkan udara segar dari bak engkol masuk ke silinder.
- Keuntungan Scavenging: Sistem scavenging membantu:
- Membersihkan gas buang dari silinder
- Mendinginkan piston
- Meningkatkan pengisian campuran udara-bahan bakar
Aplikasi
Mesin diesel 2 tak umumnya digunakan pada aplikasi di mana bobot ringan, ukuran kompak, dan tenaga tinggi menjadi prioritas. Contoh aplikasi tersebut meliputi:
- Generator portabel
- Alat-alat berkebun
- Mesin perahu
- Kendaraan off-road
- Mesin industri
Kesimpulan
Mesin diesel 2 tak adalah mesin pembakaran internal yang efisien dan bertenaga yang hemat biaya dan mudah dirawat. Sistem scavenging yang unik dan kurangnya katup memungkinkannya beroperasi dengan kecepatan tinggi dan menghasilkan tenaga yang tinggi dalam paket yang ringkas.
Namun, konsumsi bahan bakar yang lebih tinggi dan emisi yang lebih tinggi membatasi penggunaannya pada aplikasi tertentu.
Belum ada Komentar untuk "Cara Kerja Mesin Diesel 2 Tak"
Posting Komentar