Juli 16, 2018

Cara Mengecek Virus Pada Komputer atau Laptop

Saat komputer terkena virus memang sangat mengganggu, baik mengganggu kesaharian juga dapat mengganggu hal yang lain apablagi kita memiliki tugas atau pekkerjaan. Pastilah kita akan kesal dan sebel sekali, karena virus tidak saja akan mengganggu juga bisa merusak apabila tidak segara kita atasi dengan memberantas atau dengan cara menghapusnya.

Cara Mengecek Virus

Ada berbagai jenis virus yang bisa dihapus ada juga virus malware yang memiliki sifat menyusup atau program malware akan terus masuk dan juga terkadang mengacak-acak data kita. Nah dengan ulah yang begitu tidak mengenakkan tentu saja kita perlu segera menghapus dan menghilangkan secara dalam agar virus tidak bisa kembali lagi dan membuat data kita rusak.

Baca juga : Cara Menghapus Malware pada Browser dengan 5 Cara Mudah Berikut

Namun kamu tahu belum seperti apa cara mengecek apakah komputer atau laptop kamu kita terserang virus? Memang ada beberapa cara untuk cek virus pada laptop bisa menggunakan aplikasi atau software yang banyak di Google, namun kali ini sidikul tidak merekomendasikan menggunakan aplikasi yang berada di internet sebab selain harus membayar akan tetapi juga penggunannya tidak begitu powerfull dan kurang akurat dalam mendeteksi virus.

Cara Mengecek Virus Pada Komputer atau Laptop

Kami lebih merekomendasikan untuk cek secara sederhana dan tidak memerlukan software pihak ketiga yang harus berbayar, kamu bisa lakukan hal sederhana berikut ini untuk cara mengecek virus pada komputer dan laptop.
  • Kinerja laptop melambat
Lemot atau lambat memang bukan tolak ukur komputer terkena virus melainkan banyak penyebabnyam namun yang saya maksud lemot atau lambat adalah ketika baru dihidupkan komputer sudah mengalami lag atau patah-patah yang cukup parah. Nah dengan ciri-ciri seperti itu kamu wajib untuk cek dengan melihat control panel apakah ada yang janggal dari program yang kamu gunakan.
  • Antivirus nonaktif secara mendadak
Off atau nonaktifnya sebuah antivirus sebab virus bukanlah hal yang aneh sebab ada memang virus yang menyerang dan bertujuan untuk menonaktifkan antivirus agar selanjutnya program malware bisa masuk dengan bebas. Nah kamu wajib untuk selalu update program antivirus pada komputer atau laptop kamu, agar antivirus update juga virus terbaru.
  • Muncul notifikasi yang aneh
Biasanya program virus adalah memiliki tujuan untuk merusak nah karena sifat merusak itu maka kita bisa mendeteksi apabila ada notifikasi yang aneh dan cukup mencurigakan maka program pada komputer atau laptop telah dirusak entah itu dihapus atau pun di delete. Untuk mengatasi hal tersebut kamu wajib langsung mencari solusinya sebab kalau dibiarkan akan cukup berbahaya bagi laptop kamu.
  • Penggunaan resource komputer naik
Virus adalah program yang berjalan secara tidak terlihat sehingga ketika laptop atau komputer tidak akan mengetahui secara tampilan, melainkan dia berjalan pada beckground komputer. Sehingga aktifitas seperti ini hanya bisa kita lihat melalui task menager, apabila resource atau hardware komputer naik drastis dan tidak mau turun maka kamu wajib hati-hati bisa jadi itu ada virus yang sedang berjalan.

Baca juga : Trik Mengatasi Cursor PC loading terus-menerus

Dengan ciri-ciri yang sudah jelas kita ketahui tersebut tentu saja kita dalam cara untuk mengatasi dan mencari solusi menjadi lebih mudah dan gampang. Karena kalau pun virus menyerang komputer dengan masalah yang telah kami berikan diatas biasanya mudah dalam mengatasinya.

Artikel Terkait

Cara Mengecek Virus Pada Komputer atau Laptop
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email