Tips Cepetin Blog, pasti cara ini kamu nggak kepikiran

Blog atau artikel memang cenderung ke sebuah tulisan yang bisa di katakan unik tergantung apa yang di bahas. Namun tak di sangka kalau hanya berupa tulisan saja tentu sebuah artikel tidaklah menarik dan kurangs sekali orang untuk membaca artikel tersebut. Lagi pula terkesan seperti sedang membaca sebuah cerpen atau thread, tapi thread juga kadang masih terdapat gambar-gambar pemanis atau penjelas.

optimasi blog

Nah dalam hal ini tentu peran sebuah gambar dalam sebuah artikel cukup bisa menarik pembaca, ibarat sebuah film atau buku peran gambar adalah cover buku atau film tersebut. Bisa jadi pembeli atau pembaca menjadi tertarik setelah melihat cover tapi belum membaca isinya. Jadi sekarang kata-kata "Jangan nilai dari Covernya" sudah mulai hilang.

Tapi dalam hal ini ternyata peranan sebuah gambar juga bisa berdampak curuk kepada sebuah artikel tesebut apabila gambar yang telah di pamerkan di depan halaman blog ternyata loadingnya lama banget sehingga terkadang membuat artikel atau tulisan menjadi tidak keluar alias hanya keluar beberapa saja.

Ini tentu akan membuat reputasi sebuah blog akan menjadi jelek. "Ahh web si A jelek, lemott" ada lagi yang koment "Apa nih gambarnya jelek burem" atau "Lah ini gambar apa (terlalu Zoom)". Nah inilah yang bisa membuat visitor atau pengunjung berkurang.

Tidak hanya itu saja, ternyata engine searching juga akan malas untuk melihat atau meninjau web kamu karena ketika handak di tinjau ternyata loading gambarnya lama, sehingga bisa-bisa web kamu tidak di naikkan ke pageone.

Lalu bagaimana mengoptimalkan sebuah gambar dalam postingan?

Pertanyaan yang default. Ya seharsnya untuk megoptimalkan atau mempercepat sebuah postingan meski dengan banyak gambar kamu bisa menggunakan software pengompress atau bisa juga menggunakan website-website yang memiliki fitur compress gambar. Nah saya beri saran untuk web-site-website pengompress gambar yang cukup baik dan bagus.

1. http://compressjpeg.com/
2. http://compresspng.com/
3. http://jpeg-optimizer.com/
4. https://tinyjpg.com/
5. http://www.imagesmaller.com/

Lalu kalau kita menggunakan software bisa tidak langsung di kompress??

Nah untuk yang membuat gambar sndiri atau mendesign sendiri, kamu bisa langsung mengkompress gambar kamu kok.

Caranya berbeda-beda kalau kamu menggunakan CorelDraw ketika hendak kamu export gambar kamu, jangan langsung klik export tapi ubah dulu ukuran dan resolusinya ya kira 30-50% saja penurunannya sebab kalau terlalu kecil resolusi bisa jadi akan merusak gambar tersebut.



Namun berbeda jika menggunakan Adobe Ilustrator, ketika kamu hendak mengeksport gambar kamu, nanti ada bar yang menunjukkan Medium, High atau Low. Nah itu lah resolusi saran saja ubah ke angka 6 atau medium.

Coba deh kamu praktekkan cara diatas, karena ini pengalaman pribadi saja. Ketika saya memakai cara diatas memang artikel blog saya menjadi lebih cepat untuk di akses. Jadi tulisan artikel itu penting namun alangkah lebih penting kalau tulisan kita di baca oleh orang lain. Mungkin sekian dulu dah, bay bay..

Postingan terkait: