Membuat CV/Curriculum Vitae dengan benar dan mudah diterima kerja


CV atau Curriculum Vitae dan disebut juga adalah riwayat hidup dan nama kerenya adalah sebuah dokumen yang berisi berbagai hal pribadi seperti prestasi atau pun berbagai hal yang telah dicapai. Ini biasa adalah dokumen yang dibutuhkan untuk melamar disebuah perusahaan. Dokumen ini bisa menjadi acuan perusahaan dalam menilai kamu itu seperti apa, bisa dibilang CV/Curriculum Vitae ini adalah senjata kamu dalam menggaet membuat sebuah perusahaan bisa percaya akan apa yang telah kamu capai.

Semisal kamu pernah melakukan hal yang cukup besar yaitu menjadi ketua dalam sebauh event yang cukup besar, maka kamu bisa sisipkan di CV kamu, supaya bisa menjadi bahan pertimbangan penguji dalam penilaian layak tidak kamu untuk bisa bekerja di perusahaan tersebut.

Contoh dari CV itu ada banyak, mulai dari CV kreatif, CV Modern, CV minimalist, sampai CV untuk Google. Namun namanya CV ya tentu isinya hanyalah riwayat hidup kamu. Tapi dalam membuat sebuah CV tidak asal-asalan karena itu bisa membuat penguji merasa kalau itu rajin atau malas.

Akan tetapi kebanyakan dari teman-teman sekalian masih banyak yang belum tahu dalam membuat CV dengan baik dan benar agar mudah diterima kerja diperusahaan yang di inginkan. Kami akan memberi contoh cara membuat CV agar mudah diterima di perusahaan.

Mulai dari Format, beginilah format yang benar dalam membuat CV.


DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Data Pribadi
(isikan Identitas diri anda)
Nama                                     : ……………………………………….
Tempat, tanggal lahir            : ……………………………………….
Jenis Kelamin:                       : ……………………………………….
Agama                                   : ……………………………………….
Kewarganegaraan                  : ……………………………………….
Alamat                                   : ……………………………………….
                                                 ……………………………………….
Telepon                                  : ……………………………………….
Email                                     : ……………………………………….

Latar Belakang Pendidikan
(isikan riwayat pendidikan anda)
Pendidikan Formal
19… -19… : SD…………
19… -19… : SMP…………
19… -19… : SMA……………
19… -200…: ………………….

Pendidikan Non Formal
(isikan riwayat pendidikan non formal yg pernah anda ikuti)
19… -19… : Kursus ……………..
19… -19… : Kursus ……………..
19… -19… : Kursus ……………..

Kemampuan
(isikan keahlian yang anda kuasai)
1. Bisa mengoperasikan aplikasi komputer ( Ms. Excel, Ms. Power Point, Ms. Word, MS Outlook, Ms. Access dll)
2. Menguasai Bahasa Inggris lisan dan tulisan secara pasif dan aktif
3. Kemampuan di bidang manajerial
4. Bisa mengemudikan mobil dan motor
5. Mampu bekerja sama secara individu maupun dengan team

Pengalaman Kerja
(isikan pengalaman kerja yang pernah dilalui)
1. Praktek kerja di PT. K-Link Cirebon Jawa Barat
Periode : Januari 1997 – Maret 1998
Posisi : Bagian Administrasi
Pekerjaan:
· Mengeluarkan dan menerima faktur dari pemasok
· Penggajian karyawan atau payroll setiap bulan

2. Bekerja di PT. BAF, Cirebon
Status: Karyawan Kontrak
Posisi : Bagian dari staff keuangan
Pekerjaan:
· Mengatur dan mengelola kas anak perusahaan
· Membuat surat untuk keperluan bisnis perusahaan.
*Note: Dibagian pengalaman kerja ini bisa di isi juga dengan pangalaman dalam membuat event-event kamus atau bisa juga pengalaman lain.
Namun ini bukan sebagai patokan dari semua CV yang ada, sebab sudah saya beri tahu di atas kalau CV atau riwayat hidup ini ada berbagai model. Akan tetapi bagian utama dari CV itu ya kurang lebih seperti ini, untuk model sendiri itu adalah permintaan dari sebuah perusahaan.

Kalau kamu masih bingung atau masih mumet dengan cara membuat CV atau riwayat hidup dengan benar ini, besok-besok akan saya posting file ebooknya. Agar kamu bisa lebih mudah dalam memahami dan praktek cara membuat CV ini.

Postingan terkait: