Cara Mempercepat Loading Website (Optimasi Website)

Cara Mempercepat Loading Website (Optimasi Website) - Cara untuk Optimasi website itu ada banyak cara dan ada banyak manfaat bagi blog dan para pengunjung. Jadi tak ada salahnya kalau kamu mengoptimalkan Loading website atau blog kamu, karena akan sangat berdampak baik terhadap kelanjutan Website atau blog kamu. Tingkat kecepatan pada sebuah blog juga menjadinilai tersendiri pada penilaian google, sehingga dalam kecepatan sebuah blog perlu untuk dilakukan optimasi atau perbaikan mulai dari penggunaan image yang baik juga penggunaan template yang ringan. Agar ketika sebuah blog tengah mulai di kunjungi oleh para pembaca maka blog dan web sudah siap untuk membuat pembaca merasa nyaman dan enaka ketika membaca tulisan kita.
Cara Mempercepat Loading Website
Nah salah satu cara untuk membuat website atau blog kamu menjadi sangat ringan, bahkan lebih ringan dari awan kinton hehee.

Baca juga : Bagaimana cara memasang iklan Adsense di Tengah postingan artikel

Meski cara ini tidak semuanya berhasil sebab berbeda platform misal untuk platform wordpress bisa menggunakan fitus plugin dan untuk pengguna blogger tentu hanya bisa mengandalkan dari template premium saja.

Nah untuk kali ini saya akan membahas satu-satu :

Optimasi Loading Web pada Wordpress

Jangan percaya kalau hanya css saja yang bikin website atau blog kamu itu ringan, semua itu hanyalah sebuah trik tipuan saja, Kalau kamu benar-benar mau meng-optimasi dalam hal kecepatan, kami sangat menyarankan untuk menginstall plugin.

Akan tetapi dari sekian banyak plugin yang ada, tak semua plugin itu bikin website atau blog kamu jadi ringan, justru kamu semakin banyak install plugin itu akan lama-lama akan membuat website atau blog kamu jadi semakin lambat.

Nah akan tetapi setelah kami lakukan Analisa atau benchmark, inilah plugin yang menurut kami dan sekian banyak orang sangat membuat website atau blog mereka jadi lebih ringan.

Apa saja,

1. Caching


Cache image

Inilah salah satu hal yang wajib di praktekan sebab dengan Caching ini di jamin website atau blog kamu akan jauh lebih ringan, sebab apa banyak dari data CMS yang bersifat ststis alias kaku dan kurang elastis untuk di baca koneksi.

Baca juga : Trik Ampuh Hemat Kuota Android

Cara kerja cachin ini adalah membungkus file statis ke dalam bentuk html di dalam sub folder hosting, jadi apabila ada orang mengakses halaman website atau blog kamu maka tidak perlu mengakses query yang kurang penting.

2. Minify

Cara kerja dari plugin ini adalah menghilangkan atau menghapus kode-kode yang di rasa kurang penting, sehingga ketika browser mengakses website atau blog akan jadi lebih ringan, sebab kode yang di baca hanya sedikit.

Contoh dari plugin Minify adalah Autoptimize, ya plugin ini bisa mengecilkan atau menggabungkan file javascript dan css, dan bisa menunda untuk script head dan footer sehingga loading website jadi lebih ringan.

3. Optimalkan Database

Tak hanya dari segi tampilan yang membuat website menjadi berat, dari dalam database juga bisa menentukan juga lho, contoh saja ketika kamu install banyak plugin lalu kamu hapus semua itu maka cache dari plugin itu akan menjadi sampah sehingga akan membuat pembacaan data jadi agak lama karena file tertimpa sampah.

Nah untuk mengatasi database yang sekiranya berat, kamu bisa menghapus secara manual tapi kamu gak tahu file-file mana saja yan harus di hapus. kami sarankan untuk install plugin WP-Optimize.

Baca juga : 7 Tempat Paling Top Untuk Bulan Madu Di Lombok, Layak Di Pesan Sekarang

Plugin ini akan akan menghapus dan membersihkan basisdata yang sekiranya sudah tidak terpakai, dan lagi plugin ini bisa di atur alias bisa di jadwal, jadi akan dangat efektif sekali.

Nah mungkin itu dulu Cara Mempercepat Loading Website (Optimasi Website), nah apabila ada yang kurang silahkan di isi di komentar. dan apabila cukup
Blogger
Disqus