Cara Untuk Membuat KINERJA LAPTOP Menjadi Lebih Cepat dengan Mudah

Kerja kita memang saat ini sudah sangat terbantu dengan kehadiran dari laptop dan juga komputer sehingga tidak bisa dihindari lagi kalau saat ini kita memang sudah bergantung akan laptop atau komputer untuk melakukan banyak hal dalam pekerjaan. Memang tidak semua pekerjaan bisa dilakukan dengan menggunakan laptop dan komputer akan tetapi dibidang teknologi informasi laptop merupakan sebuah barang yang wajib kita punya dan miliki. Akan sebab itulah peran dari laptop memang sangatlah dibutuhkan untuk membantu dalam menyelesaikan dan juga untuk mengerjakan berbagai banyak hal dalam pekerjaan. Tidak enak rasanya apabila mengerjakan sesuatu dengan tidak menggunakan laptop atau komputer,

Baca juga : User Login Terbaru Wifi.id untuk Tahun 2018, 2019, 2020

Namun pernah tidak kamu merasa jengkel jika sedang asyik bermain game atau sedang mengerjakan sesuatu tapi tiba-tiba Laptop anda mengalami 3l (Lemot, Letoy, Lelet) ini bukan merupakan salah satu jenis masalah atau merupakan gangguan karena kinerja dari laptop yang terganggu, tapi bisa juga merupakan ulah nakal dari malware atau karena memang masuk dan berusaha untuk mengubah sistem pada laptop.

Membuat KINERJA LAPTOP Menjadi Lebih Cepat dengan Mudah

Ini jelas tidak bisa di atasi dengan gampang, sebab kinerja laptop memang cukup sering sekali mengalami penurunan atau tidak bisa di duga0duga. Sehingga memerlukan penanganan yang baik dan tepay, nah kami akan menjelaskan langkah-langkahnya untuk membuat kinerja LAPTOP menjadi lebih baik dan lebih cepat dengan mudah:
Daftar isi :

Cara Meningkatkan KINERJA LAPTOP Menjadi Lebih Cepat dengan Mudah


1. Meminimalis Booting
Untuk cara yang pertama kita bisa meminimalisasi booting laptop atau sering kita sebut loading start pada laptop. Berikut caranya
  • Lokasi Booting, Secara sederhana biasanya computer akan memeriksa pemeriksaan terlebih dahulu. kalau dengan masuk ke BIOS dengan menekan Delete setelah perhitungan memori dilakukan. Lalu pada pilihan pertama alat BOOTING pilihlah harddisk di mana Anda meletakkan operating system. Misalnya di C:/ Dengan cara ini, komputer tidak akan memakan waktu lagi mencari lokasi booting, tapi langsung ke harddisk tempat operasi sistem disimpan.
  • Menutup komponen yang kurang perlu, Semua perangkat yang terinstal pada komputer PC atau Laptop anda akan memakan waktu booting. Oleh sebab itu kurangi dengan men-drag pada My computer/properties/ hardware lalu klik Jenis Manajer, kemudian pilih komponen yang tidak lagi terpakai dengan men-drag lalu pilih disable.
  • Mengecilkan/mengurangi Font, Font juga bisa mempengaruhi proses booting pada PC atau Laptop. kalau begitu Pakai font yang diperlukan saja. Biar tidak hilang, sebelum menghapus font anda bisa simpan dengan membuatkan folder tersendiri, bila suatu saat dibutuhkan anda bisa kembalikan lagi. Untuk menghapus font Caranya: masuk control panel, pilih font dan buang yang tidak dibutuhkan.
  • Menghilangkan loading, Dengan menghilangkan loading, Anda juga dapat menghemat sedikit waktu booting. Caranya pilih menu Run pada Start menu, lalu ketikkan msconfig, tekan Ok. Setelah itu pada pilihan /NOGUIBOOT berikan tanda centang. Perubahannya layar tidak menampilkan logo windows pada proses booting, hanya layar hitam.
2. Mematikan Index Service
Index Service adalah sebuah program kecil tetapi mengunakan memory computer lumayan besar. Terkadang dapat menganggu komputer menjadi lebih berisik atau berbunyi dalam access harddisk. Fungsi Indexing Services adalah melakukan update daftar file komputer, Tujuannya untuk mempercepat kinerja PC atau Laptop dengan sistem dari pendaftaran index file. apabila anda tidak memerlukan pencarian file terlalu sering, Indexing Services dapat dimatikan dengan melakukan: Go to Start > klik Settings > Click Control Panel > Double-click Add/Remove Programs > Click the Add/Remove Window > Components > Uncheck the Indexing services . Click Next.

3. Optimisme Display
Dengan menurunkan tingkat gambar. Windows dengan tampilan desktop keren memang menarik. Akan Tetapi jika menggunakan banyak gambar akan memakan resource system. Untuk mematikannya: masuk > Go to Start > Click Settings > Click Control Panel > klik System > klik Advanced > costume hapus centang pada pilihan berikut (Show shadows under menus > Show shadows under mouse pointer > Show translucent selection rectangle > Use drop shadows for icons labels on the desktop > Use visual styles on windows and buttons > atau terserah pada anda).

4. Membuat Cepat Browser
Setiap kali membuka browser folder, maka tampak kelambatan atau sedikit 3L (Lelet, Lemot, Letoy). Karena Windows, beberapa detik akan mencari network file dan printer sementara membuka Windows Explorer. Untuk memperbaiki anda dapat mematikan fasilitas tersebut dengan : Open My Computer > Click on Tools menu > Click on Folder Options > Click on the View tab > Uncheck the Automatically search for network folders and printers check box > Click Apply > klik Ok.

5. Hindari Program Yang tidak perlu
Seringkali kita hanya menginstall program untuk memenuhi isi komputer kita. Padahal makin banyak program yang ada di komputer kita maka hardisk akan lebih penuh. Dan makin banyak isi hardisk maka komputer kita akan berjalan lebih lambat pula. Oleh karena itu di sarankan untuk :
  • Uninstall program, Caranya : Control Panel Add or Remove Programs. Disitu akan kelihatan mana program-program yang sering kita pakai dan mana yang tidak. Sebaiknya untuk program yang jarang kita pakai maka di hapus saja dari komputer PC kita.
  • Lakukan Disk Cleanup, Disk Cleanup ini akan membersihkan file-file bekas yang telah tidak dibutuhkan lagi sehingga dapat menghemat space hardisk kita, Caranya : My Computer > C:/ (sesuai dengan hardisk yang kita ingin bersihkan) > Klik Kanan > Properties > Disk Cleanup.
  • Lakukan Defragment Berkala, Defragment ini juga bisa membersihkan hardisk dari data-data yang tidak berguna. Sehingga jika kita melakukan defragment hardisk ini akan menambah tempat penyimpananan hardisk kita, Caranya : My Computer > C: (sesuai dengan hardisk yang kita ingin bersihkan) > Klik Kanan > Properties > (tab) Tools > Defragment Now.
6. Optimalkan Memori
Cara untuk melakukan MengOptimalKan memori pada komputer berikut langkah-langkahnya : My Computer > Klik Kanan > Properties > (Tab) Advance > (Performance > Setting) > Advanced > (Virtual Memori > Change).

Baca juga : Perbedaan Reset dan Restart pada Perangkat Elektronik

7. Matikan Startup
Langkah-langkahnya :
1. Start Menu RUN > Ketikan MSCONFIG > OK/Enter > Pilih menu Start Up > Hilangkan semua centang pada Start up kecuali Program Anti virus.
2. Klik Menu service > Hilangkan centang pada Automatic Updates Setelah itu tekan Apply lalu OK.

Penutup

Begitulah segelintir Cara mempercepat PC atau Laptop, akan tetapi apabila PC atau Laptop anda tetap tidak memberikan respons apa-apa maka silahkan anda mencari referensi dari blog lain atau bertanya kepada teman yang lebih berpengalaman dari seorang pemula seprti saya ini.
Blogger
Disqus