Sunday, 28 August 2016

Cara Mengatasi Not Responding Pada Komputer


Pernah mengalami Hal yang semacam lelet pada komputer atau laptop kalian? atau sering kita sebut dengan hal "Not Responding".

Yup, "Not Responding" ini tentu sudah menjadi momok paling menakutkan sekaligus menyebalkan bagi pengguna komputer. Biasanya gejala not responding ini muncul saat kita menjalankan program - program yang membutuhkan banyak 'sumber daya', seperti Adobe Photoshop, Adobe After Effects, dan lain-lain atau game-game berat seperti Fallout 4 dan GTA V.  Omong - omong, Apa saja yang menyebabkan gejala "not responding" pada komputer?

Sebenarnya ada banyak faktor yang menyebabkan gejala not responding, tapi pada umumnya ada 6 hal pokok yang menjadi penyebabnya:
- Sisa ruang pada Hard Disk sedikit.
- Kurangnya memori pada RAM.
- Banyak Background Apps yang berjalan.

Dan pada dasarnya 1 dan 2 lah yang menjadi penentu pokok terjadinya not responding pada komputer jika komputer dengan spec pas-pasan. Karena pada umumnya komputer dengan spec tersebut memiliki skor yang rendah pada poin-poin tersebut. 

Nah untuk mengatasi Not Responding pada komputer yang memiliki Spec rendah. Inilaih hal yang paling utama ialah :

Perbanyak sisa ruang pada hard disk
hard disk cleaning

Seperti yang kita ketahui bahwa sistem komputer kita berjalan dengan memanfaatkan sejumlah ruang pada hard disk. Dan tentu saja semakin banyak ruang kosong pada hard disk, kecepatan proses sistem pun juga semakin cepat, ibarat kamu melintas di tengah jalan tol tanpa ada satu pun mobil melintas kecuali dirimu seorang. Namun apabila jalan tol tersebut penuh dengan mobil dan truk, tentu saja kamu sudah tahu apa yang akan terjadi berikutnya. 

Yup, Macet. Sama halnya seperti hard disk komputermu yang lambat laun di penuhi begitu banyak file dan program/ software lainnya. 

*Solusi

Luangkanlah waktumu sejenak sekedar untuk memilah file atau program/ software mana yang sekiranya masih kamu butuhkan. Setelah itu jika perlu kosongkan Recycle Bin agar ruang penyimpanan pada hard disk menjadi lebih longgar. Kemudian

- Buka aplikasi yang tidak memakan banyak RAM

google chrome eating RAM
Google Chrome
Waspadalah terhadap aplikasi atau software yang banyak menggunakan memori pada RAM seperti Google Chrome atau Adobe Photoshop. Aplikasi seperti inilah yang biasanya menjadi penyebab utama gejala "not responding". Kamu bisa melihat aplikasi mana saja yang banyak memakan RAM di Task Manager. 

*Solusi

Sebisa mungkin kurangi membuka banyak aplikasi/software secara bersama-sama (multitasking) yang banyak memakan RAM. Jika memang terpaksanya harus membuka aplikasi lain, simpan (save) dahulu pekerjaanmu di aplikasi tersebut, kemudian tutup dan barulah kamu membuka aplikasi yang lain. Atau, ganti aplikasi yang banyak memakan RAM tadi dengan aplikasi sejenis yang tidak terlalu banyak memakan RAM. Dan yang terakhir

- Hentikan Backgrounds Apps yang berjalan

Windows Apps

Beberapa aplikasi/software tertentu, seperti antivirus yang berjalan secara real-time, juga kadang masih berjalan tanpa kita sadari, meski kita sudah menutup aplikasinya atau bahkan tidak membukanya sama sekali. Karena aplikasi/software tersebut tetap dibutuhkan selama komputer hidup, seperti aplikasi antivirus yang terus dibutuhkan untuk melindungi komputer dari ancaman virus. 

Namun apabila aplikasi yang berjalan tersebut justru bukan aplikasi yang benar-benar dibutuhkan oleh komputer, justru malah akan memberat-berati kerja RAM dan berdampak pada timbulnya Not Responding.

*Solusi

Solusinya terletak pada startup items, karena biasanya background apps ini berjalan secara otomatis saat komputer dinyalakan (yang mana juga mengakibatkan proses booting menjadi lebih lama). Untuk menghentikannya, buka shortcut Win + R > ketik msconfig, tekan enter > klik tab startup > hilangkan tanda check centang pada aplikasi yang tidak dikenali.

Referensi :
- Google.co.id
- Kanekoworks (AWP Nekoworks)